Majalah e-Indonesia

Majalah yang hadir guna memenuhi kebutuhan mereka yang ingin tahu banyak tentang dunia ICT

About

Latar Belakang Terbitnya Majalah e-Indonesia

Majalah e-Indonesia

Saat ini, awarness kalangan pemerintah terhadap ICT (Information and Communication Technology) mulai meningkat. Adanya depar-temen, instasi, atau dinas yang khusus menangani implementasi ICT, memotivasi sebagian kalangan pemerintah semakin peduli terhadap ICT, mulai dari tingkat top leader hingga staf pelaksana. Tuntutan masyarakat adanya layanan yang serba cepat, mudah, dan juga transparan juga menjadi faktor pendorong bagi peme-rintah mereka untuk mengimplementasikan ICT.

e-Indonesia adalah majalah bulanan yang hadir guna memenuhi kebutuhan mereka yang ingin tahu banyak tentang dunia ICT. Media ini tidak saja menyuguhkan informasi menyangkut ICT itu sendiri baik secara hardware maupun software, tapi juga menulis menyangkut policy, panduan, sejauh mana ICT telah diterapkan di kalangan pemerintah, kendala yang dihadapi, hingga cerita sukses instansi pemerintah yang menerapkan ICT untuk mendukung kinerjanya.

Tentang Majalah e-Indonesia

Majalah e-Indonesia pertama kali diluncurkan bersamaan dengan “Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia” di ITB Bandung, Mei 2005. Ketika itu sebanyak 600 peserta konferensi yang hadir memperoleh edisi perdana majalah ini. Pada edisi berikutnya, e-Indonesia memuat lengkap laporan mengenai konferensi tersebut, termasuk pidato Presiden SBY dan Dasa Sila Teknologi Informasi dan Komunikasi Bandung, yang merupakan tonggak pembangunan ICT di tanah air.

Redaksi majalah e-Indonesia digawangi oleh orang-orang yang sudah lama malang melintang di dunia pers dan ICT. Selain itu didukung juga oleh redaktur ahli yang kompeten di bidangnya, seperti Suhono Harso Supangkat (dosen Teknologi Informasi ITB dan ketua The Indonesian ICT Institute), Heru Sutadi (pengamat telematika), dan Jazi Eko Istiyanto (dosen Teknologi Informasi FMIPA UGM dan Program Magister Manajemen UGM). Selain itu majalah e-Indonesia juga memuat kolom yang ditulis oleh orang-orang profesional di bidangnya seperti Kusmayanto Kadiman, Djoko Agung Harijadi, Jos Luhukay,T. Basaruddin, Benny Ranti, Oki Purwana, dan banyak lagi.

Majalah e-Indonesia setiap terbit selalu menurunkan laporan daerah mengenai perkem-bangan implementasi e-government di provinsi atau kabupaten/kota. Dalam setiap laporan, diketengahkan bagaimana daerah tersebut telah memanfaatkan TI untuk menunjang kinerja mereka, terutama dalam usaha memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat.

Setiap sebulan sekali majalah e-Indonesia mengadakan diskusi terbatas membahas ber-bagai persoalan yang terjadi di dunia telematika di tanah air. Hasil diskusi kemudian dijadikan tema liputan utama untuk penerbitan edisi berikutnya. Diskusi menghadirkan para pakar yang kompeten di bidangnya, dan dihadiri oleh komunitas telematika serta para penanggung jawab TI di berbagai instansi pemerintah pusat maupun daerah. 

Majalah e-Indonesia sudah menjadi bacaan wajib bagi sebagian besar pengelola TI baik di perusahaan-peru-sahaan swasta maupun di instansi pemerintah pusat maupun daerah. Tak kurang Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto Kadiman dan Menteri Pen-dayagunaan Aparatur Negara (PAN) Taufiq Effendi men-jadikan majalah ini sebagai salah-satu referensi mereka untuk mengikuti perkembangan ICT di tanah air. Majalah e-Indonesia juga menjadi bacaan bagi Dirjen Aplikasi dan Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika Cahyana Ahmadjayadi, Wakil Dubes RI untuk PBB di Jenewa Eddi Hariyadhi, serta Duta Besar dan Berkuasa Penuh RI untuk Tunisia Hertomo Reksoputro.

Selain bisa didapat dengan cara berlangganan, majalah e-Indonesia dijual bebas di toko-toko buku terkemuka seperti di Gramedia dan Gunung Agung.

Pemimpin Umum: Wardayati • Wakil Pemimpin Umum/Penanggung Jawab: Andy Zoeltom • Pemimpin Perusahaan: Reza Rama Valiandra • Pemimpin Redaksi: Faizah Rozy • Redaktur Pelaksana: Tomy Randa • Redaktur Ahli: Suhono Harso Supangkat, Heru Sutadi, Jazi Eko Istiyanto • Sidang Redaksi: Andy Zoeltom, Faizah Rozy, Tomy Randa • Staf Redaksi: Prama Aprilia, Yasmin (fotografer) • Sekretaris Redaksi: Indah • Artistik: Wake Erde, Andis AR • Produksi & Distribusi: Deden H, Irwansyah, Rohana. • Iklan/Pemasaran: Novi, Rio • Alamat Redaksi: Jln. Pangkalan Jati III A No. 39 Cipinang Melayu, Jakarta Timur – 13620 Telepon: 021-86608577, 98205603, 92995959, 081310593131 • Faksimile: 021-86608577 • Website Majalah: https://www.majalaheindonesia.com • email: admin@majalaheindonesia.com • Sekretariat Iklan: Cikoro Tri Rasuandar • Telepon: 021-98170041, 98288622 • Harga: Rp25.000,- • Penerbit:   PT Menara Merajut Nusantara.

Dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya, wartawan majalah e-Indonesia dilengkapi dengan kartu pers dan tidak diperkenankan menerima atau meminta apapun yang melanggar kode etik wartawan Indonesia.