Majalah e-Indonesia

Majalah yang hadir guna memenuhi kebutuhan mereka yang ingin tahu banyak tentang dunia ICT

Cetak Nomor Secara Online?

Dalam hitungan di bawah 10 menit, pengguna layanan di Samsat Sidoarjo bisa mengurus beragam keperluannya.

Sejumlah pria dan segelintir wanita duduk dengan rapi di bangku kayu yang ditata dari depan ke belakang. Mereka adalah masyarakat Sidoarjo yang tengah mengurus berbagai keperluan di Kantor Samsat yang terletak di Jalan Lingkar Barat Sidoarjo Desa Pager Wojo Kecamatan Sidoarjo, Jawa Timur. Kantor yang masuk dalam Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Daerah Propinsi Jawa Timur ini, melayani 5 wajib pajak mulai dari pendaftaran kendaraan baru, perpanjangan STNK, pengesahan STNK, pendaftaran mutasi masuk/BBN II, serta pendaftaran secara khusus.

Yang menarik, pandangan mata mereka tak luput dari 2 layar monitor televisi yang ditempatkan di depan loket dan ruang tunggu. Dari layar monitor TV tadi, dapat dipantau berkas yang telah mereka masukkan sudah sampai dalam tahapan mana. Dengan cara seperti itu, mereka tak perlu mengantre atau bolak-balik menanyakan kepada petugas, apakah berkas mereka sudah selesai diproses atau belum. Begitu layar monitor menyajikan informasi berkas pemohon telah selesai, yang bersangkutan tinggal mendatangi loket pembayaran dan penyerahan.

Di kantor yang disokong oleh 72 staf ini tersedia tempat penyediaan formulir dan check fisik. Untuk loket pengurusan terbagi dua. Loket I adalah loket pelayanan pendaftaran dan penetapan, sedangkan loket II berupa loket pelayanan pembayaran dan penyerahan. Melalui dua loket ini, wajib pajak mengurus keperluannya di Samsat. Hal lain yang membedakan Samsat Sidoarjo dengan kantor Samsat kebanyakan, adalah singkatnya waktu pelayanan. Untuk mengurus berbagai hal tadi, bukan lagi dalam hitungan jam tapi menit. Cukup 5 hingga 10 menit saja.

H.I.G. Ng. Indra Setiabudi
(Kepala UPT Dinas Pendapatan Prov. Jawa Timur)

Ringkasnya waktu, lantaran proses pelayanan di Samsat Sidoarjo dilakukan secara online. Urusan pencetakan plat nomor juga dilakukan dengan cara serupa yakni online. “Begitu wajib pajak menyerahkan berkas-berkas dengan lengkap untuk memperpanjang STNK ke petugas, maka akan lang-sung online dengan bagian plat nomor cetak. Begitu selesai membayar, pemohon bisa mengambil plat nomor dan STNK sekaligus,” papar H.I.G. Ng. Indra Setiabudi Ranuh, selaku kepala UPT Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo.

Ditegaskan pria kelahiran 20 Oktober 1959 ini, guna memberikan layanan yang cepat dan transparan, pihaknya sengaja mempersingkat jalur birokrasi. “Syukurnya, kami diperbolehkan melakukan inovasi sepanjang tidak melanggar peraturan, tidak menambah jalur birokrasi, dan tidak mengurangi pajak,” tukas peraih S2 dari Universitas 17 Agustus Surabaya ini. Selain itu, Indra disokong dengan dana yang memadai untuk mewujudkan idenya guna menghasilkan terobosan yang membuat pelayanan di Samsat semakin baik.

Proses Pembuatan Plat Nomor di Samsat Siduarjo

Dengan sistem online berikut pendeknya birokrasi, petugas bisa menyele-saikan sekitar 1.600 jenis pelayanan setiap harinya. Untuk kenyamanan wajib pajak yang langsung datang sendiri ke lokasi, Samsat menyediakan waktu khusus antara pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Selepas jam itu hingga pukul 14.00, diperuntukkan bagi para calo. Tapi diakui Indra, sejak pela-yanan semakin mudah dan cepat, terjadi penurunan wajib pajak yang menggunakan calo. Ada pula, layanan yang khusus diperuntukkan bagi lansia. “Mereka tinggal duduk dan ada petugas khusus kami yang akan mengurus keperluan mereka,” terang Indra.

Untuk menjalin interaksi dengan pengguna, Samsat yang sudah men-dapatkan ISO 9001-2000 tahun 2004 lalu dari Balai Besar Bahan Barang dan Teknik (B4T) Bandung ini, menyediakan sarana interaksi mulai dari SMS, datang ke lokasi dan menanyakan kepada petugas, perangkat komputer berisi informasi secara lengkap, brosur, TV Monitor, brosur, hingga email. Secara rutin, Samsat yang dijadikan percontohan ini menyebarkan kuesioner untuk mengetahui respon para pengguna layanan di Samsat dan sejauh mana tingkat kepuasan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *